http://www.lacakindonesia.com


Drs. Effendi MS Simbolon

Ketua Umum PSBI


Kongres II PSBI Tahun 2012 Akan Digelar Di Jakarta

 

Lacakindonesia.com, Jakarta, 6 Juni 2012

Liputan: Siska dan Roni

Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) akan menggelar Kongres II PSBI yang  diselenggarakan di Hotel Sultan Jakarta pada tanggal 4 6 Juli 2012 mendatang. Kongres tersebut akan diikuti oleh seluruh jajaran Pengurus Pusat dan Wakil-wakil dari 85 Wilayah PSBI di seluruh Indonesia.

Menurut Ramses Simbolon, penyelenggaraan Kongres II tersebut merupakan amanat dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PSBI sesuai pasal 16 dan pasal 17 yang mewajibkan melakukan Kongres satu kali dalam lima tahun. Sedangkan Kongres I telah dilaksanakan di Samosir Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 7 Juli 2007 lalu, jelasnya pada lacakindonesia.com saat berbincang di kantor Pengurus Besar PSBI, Jalan Danau Toba Jakarta (6/6-2012).

Lebih lanjut Ramses katakan, maksud diadakan Kongres II PSBI Tahun 2012 ini adalah dalam rangka kesinambungan organisasi dengan memenuhi AD/ART secara taat azas. Sedangkan tujuan diselenggarakan Kongres Nasional 2012 sesuai ketentuan AD/ART  adalah untuk: Menetapkan dan merubah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;  Memilih, mengangkat dan menetapkan Pengurus Pusat.dan Dewan Pembina/Penasehat Pusat;  Menilai laporan Pertanggungjawaban Pengurus Pusat PSBI; Menetapkan Pokok Pokok Program Organisasi; Diselenggarakan oleh Pengurus Pusat; Menetapkan Tempat penyelenggaraan Kongres Nasional berikutnya; dan Menetapkan Keputusan dan Ketetapan Lainnya.

Agenda Kongres II PSBI Tahun 2012, mencakup:  Pertanggungjawaban Pengurus Pusat PSBI Periode 2007-2012 yang berakhir tanggal 30 Juni 2012; Penyampaian Rancangan Perubahan I Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PSBI oleh Pengurus Pusat untuk dibahas dan disyahkan dalam Kongres; Penetapan Rencana Program Jangka Menengah (RPJM) Tahun 2012-2017; Pemilihan dan Penetapan Pengurus Baru PSBI untuk periode kepengurusan Tahun 2012-2017;  Penyusunan Rekomendasi Kongres dalam peran serta PSBI dalam berbangsa dan bernegara atas Masalah-Masalah Terkini (Current Issues) yang dihadapi oleh Negara; Laporan Pertanggunjawaban Pengurus Pusat PSBI Periode Tahun 2007-2012.

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Pusat PSBI Periode Tahun 2007-2012 merupakan kewajiban Pengurus Pusat sesuai AD/ART yang disampaikan dalam sidang pleno, dievaluasi melalui sidang komisi, disimpulkan dan disetujui dan disyahkan dalam kongres, meliputi:  Laporan pelaksanaan RPJM Periode 2007-2017 termasuk hambatan dan solusi yang diambil dalam mengatasi hambatan pencapaian sasaran dan tujuan yang ditetapkan sesuai AD/ART PSBI; Laporan Keuangan PSBI untuk periode yang berakhir 30 Juni 2012.

Lebih rinci Ramses menjelaskan bahwa Laporan Pertanggung-jawaban yang disusun dan dilaporkan dalam Kongres menganut prinsip-prinsip penyajian laporan yang lazim, transparan, akuntable dan bebas saji. Dengan disetujui dan disyahkannya Laporan Pertanggung-jawaban Pengurus Pusat Periode Tahun 2007-2012 sesuai tata tertib Kongres II Tahun 2012, maka kepengurusan PSBI Periode Tahun 2007-2012 dinyatakan demisioner. Dan dalam waktu yang bersamaan Kongres menetapkan Ketua Umum bertanggung jawab atas Kepengurusan PSBI hingga Pengurus Pusat PSBI Periode 2012-2017 ditetapkan dan disyahkan oleh Kongres, ujar Ramses Simbolon.


< HALAMAN MUKA >

Brigjen TNI Drs. Anthon Simbolon, MSi

Ir. Ramses Simbolon MBA


Copyright @ 2007,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved