http://www.lacakindonesia.com


Laksamana TNI Agus Suhartono, Panglima TNI

Brigjen TNI Doni Munardo Jabat Danpaspampres

 

Lacakindonesia.com, Jakarta, 25 Juli 2012

Liputan: Siska Kartika

 

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., bertindak selaku Inspektur Upacara pada acara serah terima tugas dan tanggung jawab jabatan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), dari pejabat lama Mayjen TNI Agus Sutomo kepada penggantinya Brigjen TNI Doni Munardo di Lapangan Upacara Mako Paspampres, Jl. Tanah Abang II Jakarta Pusat, Rabu (25/7).

 

Brigjen TNI Doni Munardo merupakan lulusan Akabri '85, pernah menjabat sebagai Waasops Paspampres, Komandan Grup A Paspampres dan Wadanjen Kopassus TNI AD, sedangkan Mayjen TNI Agus Sutomo lulusan Akabri'84, selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Danjen Kopassus TNI AD.

 

Paspampres merupakan Badan Pelaksana Pusat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI, dengan tugas pokok melaksanakan pengamanan fisik secara langsung atau tidak langsung, terhadap Presiden/Wakil Presiden dan tamu-tamu negara setingkat Kepala Negara/Pemerintahan, beserta keluarganya.

 

Panglima TNI dalam amanatnya mengatakan, tugas Paspampres ke depan tidaklah semakin ringan, karena aktivitas Presiden maupun Wakil Presiden RI dan tamu negara setingkat Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan beserta keluarganya akan semakin padat, dengan kondisi lingkungan sekitar yang semakin terbuka, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi pelaksanaan tugas kesatuan Paspampres. Hal yang terpenting dan perlu menjadi perhatian bagi setiap prajurit Paspampres adalah tugas pengamanan yang diemban tidak boleh dikurangi dan disederhanakan, dalam arti tugas dianggap rutin dan dibuat sederhana, sehingga tidak direncanakan dan dipersiapkan secara matang tanpa memperhatikan prinsip kewaspadaan, hal tersebut akan menghilangkan sensitifitas dan kesiapan operasional satuan.

 

Terkait tugas pokok Paspampres yang berhubungan langsung dengan lambang-lambang kenegaraan yang bersifat sangat ekspresif dan simbolik bagi suatu bangsa dan negara. Panglima TNI menegaskan, kepada seluruh prajurit yang bertugas di kesatuan Paspampres agar memelihara dan meningkatkan terus profesionalitas prajurit Paspampres beserta kesiapsiagaan satuannya, dalam rangka memastikan serta menjamin keamanan, kenyamanan dan keselamatan VVIP yang menjadi domain tugas kesatuan Paspampres.

 

Sebelum mengakhiri amanatnya, Panglima TNI berpesan bahwa jabatan pada hakekatnya merupakan penghargaan sekaligus amanah dari bangsa dan negara. Oleh karena itu, jabatan harus dipertanggungjawabkan, baik di hadapan organisasi, bangsa dan negara, terlebih kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itu, jabatan harus diemban dengan baik, dilaksanakan dengan tulus, keteguhan dan bahkan dengan pengorbanan yang besar, sebab jabatan tidak pernah menjanjikan apa yang akan diperoleh, melainkan justru menuntut apa yang harus dilakukan dan diberikan.

 

Hadir pada acara tersebut Perwira Tinggi TNI diantaranya: Pangkostrad, Irjen TNI, para Asisten Panglima TNI dan Asisten Kepala Staf Angkatan, Pangdam Jaya, Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E. dan para mantan Komandan Paspampres.

 

Demikian siaran pers Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, MA yang dikirim ke Redaksi Lacakindonesia.com Jakarta.


< HALAMAN MUKA >

 

 

Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved