http://www.lacakindonesia.com


Laksamana TNI Agus Suhartono, Panglima TNI



23 Perwira Tinggi TNI Naik Pangkat

 

Lacakindonesia.com, Jakarta, 27 Juli 2012

Liputan: Siska Kartika

 

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., menerima pelaporan korps kenaikan pangkat 23 Perwira Tinggi (Pati) TNI di Ruang Hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (27/7).  Pelaporan kenaikan pangkat tersebut berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor: Sprin/1561/VII/2012 tanggal 25 Juli 2012.

Para Pati TNI yang melaksanakan pelaporan korps kenaikan pangkat adalah: Letjen TNI Geerhan Lantara (Irjen TNI); Marsdya TNI Ida Bagus Putu Dunia (Dansesko TNI); Laksdya TNI Bambang Suwarto (Kalakhar Bakorkamla); Mayjen TNI Daniel Ambat (Pangdivif-1 Kostrad); Mayjen TNI Istu H. Subagio, S.E., (Gubernur Akmil); Laksda TNI Herry Setianegara, Sos., S.H., M.M. (Gubernul AAL); Marsda TNI Ida Bagus Anom, S.E. (Dankodikau); Marsda TNI Mawardi, S.E. (Aspers Kasau); Brigjen TNI Suhartono (Dirtopad); Brigjen TNI Edy Purwanto (Karo Ku Setjen Wantanas); Brigjen TNI Tran Sumarso (Kadisjasad); Brigjen TNI Drs. Sunardi (Pa Ahli Konstruksi Ditziad); Brigjen TNI Dr. Ir. Moch. Nurhamdani, M.M. (Pa Sahli Tk.II Ekku Sahli Bid. Ekkudag Panglima TNI); Brigjen TNI Drs. Subroto, M.M. (Asdep Koordinasi Pendayagunaan Aparatur Kemenko Polhukam); Brigjen TNI Yul Aviandi (Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan); Brigjen TNI Bayu Purwiyono (Waaslog Kasad); Brigjen TNI Toto S. Moerasad, S.IP.,M.M. (Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu Kemenko Polhukam); Brigjen TNI Jaswandi (Wadanjen Kopassus); Brigjen TNI (Mar) Heri Setiadi (Danlantamal XI/Mer Koarmatim); Laksma TNI Sulistiyanto, M.Sc. (Karo Kerma Settama Lemhannas RI); Marsma TNI Anastasius Sumadi (Wadan Kodikau); Marsma TNI Eko Supriyanto (Danlanud Ats) dan Marsma TNI Tudjo Pramono, S.H., M.H. (Asdep Koordinasi Kemajuan dan Perlindungan HAM Kemenko Polhukam).

Dalam amanatnya Panglima TNI menyatakan, kenaikan pangkat di bulan Ramadhan ini, diharapkan akan memberikan penghayatan yang lebih besar dan penegasan yang mendalam terhadap pemaknaan kenaikan pangkat sebagai anugerah dan amanah untuk disandang, melalui pengabdian, karya nyata, dan tanggung jawab kepada satuan, TNI, serta Tuhan Yang Maha Esa.

TNI sebagai institusi pertahanan dan keamanan negara berada pada lingkaran perubahan global dan dinamika kehidupan nasional yang harus diproteksi dari derasnya perubahan negatif perilaku kehidupan global dan nasional. Mencermati kehidupan nasional saat ini, terdapat kecenderungan bahwa kehidupan sosial politik masyarakat didominasi oleh ideologi baru  pragmatisme. Inilah ideologi yang lebih mementingkan keuntungan sesaat, lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan mendewakan imbalan posisi atau materi, serta mendewakan perilaku egoistis. Kondisi ini sangat membahayakan terhadap eksistensi bangsa, karena pragmatisme akan memandulkan kelahiran negarawan pemimpin bangsa, dan akan sangat berbahaya apabila penyakit pragmatisme tersebut menular dan merasuk kedalam tubuh TNI, yang akan melunturkan jatidiri, komitmen dan kesetiaan.

Pendalaman dan pemaknaan terhadap setiap kenaikan pangkat Pati sebagai anugerah dan amanah,  menuntut untuk senantiasa meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, serta menyiapkan generasi muda TNI yang mampu merespon kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi secara positif, disertai munculnya kesadaran baru untuk merevitalisasi kinerja dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tuntutan tugas-tugas TNI yang tidak semakin ringan di masa depan.

Oleh karena itu, harus disadari sepenuhnya bahwa kenaikan pangkat Pati bermakna strategis, karena penyandangnya mengemban tugas sejati bagi proses pencerdasan, pembudayaan dan pembangunan TNI yang berkesinambungan, sesuai ideologi, karakter dan jatidiri prajurit TNI dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI berharap pada spektrum yang lebih luas kenaikan pangkat dapat memunculkan banyak gagasan dan kreativitas, dengan senantiasa menyiapkan ekstra kapasitas untuk menjadi pemimpin profesional sejati dalam membina satuan dan personel, tanpa terjebak pada ngarai kesia-siaan akibat kelemahan diri.

Hadir dalam Upacara Pelaporan Korps Kenaikan Pangkat Pati TNI tersebut diantaranya adalah Kasad, Kasal, Kasau, Irjen TNI, para Asisten Panglima TNI, dan  Kabalakpus TNI serta Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E.

Demikian siaran pers Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A. yang diterima Lacakindonesia.com Jakarta.


< HALAMAN MUKA >





Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved