http://www.lacakindonesia.com


Laksamana TNI Agus Suhartono

Panglima TNI


Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, S.E.

Kapuspen TNI


 

Athan RI Manila Tinjau BCS RI di Filipina Selatan

Lacakindonesia.com, Jakarta, 9 Agustus 2012

Liputan: Siska Kartika

Atase Pertahanan (Athan) RI Manila Kolonel Laut Djakaria P. Girsang dan Konjen RI Davao City Bapak Eko Hartono didampingi Atmil Kolonel Kav Hilman Hadi dan Ka ILO Letkol Laut Ardiansyah serta rombongan melakukan peninjauan ke Border Crossing Station (BCS) RI di Bongao, Tawi-Tawi, Filipina Selatan, Kamis (9/8/2012)..

Kerjasama perbatasan antara Republik Indonesia dengan Republik Filipina terdapat 3 (tiga) BCS RI di wilayah Filipina yaitu BCS RI Bongao di Tawi-Tawi, BCS RI Batuganding di Pulau Balut dan BCS RI Tibanban di Governor Generoso.

Keberadaan BCS RI tersebut selain untuk memantau pelintas batas penduduk kedua negara juga untuk memantau beberapa permasalahan perbatasan lainnya.

Tujuan peninjauan selain untuk meninjau BCS RI juga untuk melihat dan mendata beberapa WNI pemukim yang berada di wilayah tersebut serta melihat peluang kerjasama di berbagai sektor.

Pada saat peninjauan tersebut Athan RI Manila dan Konjen RI beserta rombongan juga melakukan Courtesy Call kepada Gubernur Provinsi Tawi-tawi dan Walikota Bongao serta meninjau Mindanao State University. Hasil pendataan sementara, terdapat sekitar 12 orang WNI yang bermukim di wilayah tersebut dan sudah beristri/bersuami dengan penduduk setempat, dengan berbagai profesi seperti petani, pedagang, nelayan, buruh dan tukang. Sedangkan hasil pembicaraan dengan pejabat Pemerintah Daerah Bangao, Tawi-Tawi dan Rektor Mindanao State University terdapat peluang kerjasama baik dibidang ekonomi, budaya dan pendidikan.

Demikian siaran pers Atase Pertahanan RI Manila, Kolonel Laut Djakaria P. Girsang yang dikirim ke Lacakindonesia.com Jakarta.


< HALAMAN MUKA >


Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved