http://www.lacakindonesia.com


Laksamana TNI Agus Suhartono

Panglima TNI

 

Panglima TNI Terima Paskibraka Tahun 2012

Lacakindonesia.com, Jakarta, 10 Agustus 2012

Liputan: Siska Kartika

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. menerima Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jumat (10/8/2012).  Rombongan berjumlah 66 orang perwakilan dari 33 provinsi, dipimpin oleh Asisten Deputi Bidang Kepemimpinan  Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Drs. Johny Mardizal, M.M.

Dalam pengarahannya Panglima TNI menyampaikan beberapa ilustrasi tentang semangat perjuangan yang perlu senantiasa dikobarkan, khususnya dalam turut serta mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan oleh para pendiri dan pahlawan bangsa.  Secara simbolis dan hakiki, upacara pengibaran bendera dilaksanakan guna meletakkan Sang Merah Putih pada posisi yang tertinggi dan terhomat, sebagaimana para pendahulu, para pejuang dan pahlawan bangsa, berjuang mengorbankan jiwa dan raga, untuk membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang kemudian direfleksikan dengan mengibarkan Sang Saka Merah Putih di bumi pertiwi ini pada tahun 1945.

Hingga sekarang pun, perjuangan bangsa yang masih terus berlangsung, tentunya dengan situasi yang berbeda dan caranya masing-masing, namun tetap dengan satu tujuan yakni mengharumkan nama bangsa dan negara serta mengibarkan Sang Merah Putih di puncak tertinggi. Sebagai contoh, kiprah para prajurit TNI dalam Kontingen Garuda yang mengemban misi perdamaian dunia di bawah komando PBB di beberapa negara yang tengah mengalami konflik, merupakan wujud mengharumkan nama bangsa demi tegaknya Sang Merah Putih, sehingga dapat bersanding sama tinggi dengan bendera-bendera negara lain di dunia. Tidak sedikit prestasi yang telah diukir oleh Kontingen Garuda Indonesia selama bergabung dalam misi perdamaian tersebut, hingga kerap kali mendapat apresiasi dan pujian dari negara-negara lain.

Paskibraka adalah merupakan putra putri terbaik daerah yang telah mendapatkan kepercayaan dan kehormatan untuk mengemban tugas yang membanggakan, dan telah terpilih serta telah mengikuti proses seleksi, pelatihan dan persiapan yang baik. Harus dipahami bahwa kebanggaan itu juga merupakan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa. Untuk itu, kepercayaan dan kehormatan yang akan dilaksanakan dalam mengemban tugas sebagai Paskibraka tahun 2012 ini, hendaknya menjadi modal, untuk dipergunakan sebaik-baiknya guna menambah motivasi, tekad dan semangat, untuk terus mengembangkan diri menjadi putra putri bangsa yang unggul di masa depan.

Setiap bangsa secara simbolik selalu melukiskan bahwa pemuda adalah harapan bangsa, motor perjuangan atau kader pemimpin masa depan, sebagaimana yang pernah dikobarkan oleh Presiden pertama RI Ir. Soekarno “Berikan aku seribu anak muda maka aku akan memindahkan gunung, tapi berikan aku sepuluh pemuda yang cinta akan tanah air maka akan kuguncang dunia”. Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, musuh terberat dewasa ini adalah ancaman melalui bidang sosial dan budaya. Ancaman berupa invasi atau serangan militer, akan dengan mudah dikenali, mudah dihadapi dan TNI senantiasa siap untuk itu. TNI siap sebagai garda terdepan bangsa dan benteng terakhir Indonesia, dalam menghadapi ancaman militer dari manapun datangnya. Akan tetapi sebaliknya, ancaman melalui nilai-nilai sosial dan budaya yang menggunakan media elektronik seperti internet dan media lainnya lebih sulit dikenali dan sasarannya adalah pasti remaja serta generasi muda. Oleh sebab itu, para anggota Paskibraka harus memperkukuh pertahanan diri dengan mempertebal benteng keimanan dan ketakwaan, disiplin pribadi (self dicipline), memperkuat kepribadian dan senantiasa waspada atau peduli terhadap lingkungan.

Dalam kunjungan tersebut, Panglima TNI menekankan pada generasi muda untuk menghindari narkoba,  pergaulan bebas, dan bentuk-bentuk budaya asing negatif lainnya, yang terbukti lebih besar mudharatnya dari pada manfaatnya.  Remaja atau generasi muda merupakan sasaran utama karena memiliki nilai strategis bagi kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Hadir pada acara tersebut, diantaranya Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Tisna Komara W., S.E., Asops Panglima TNI Mayjen TNI Hambali Hanafiah dan Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E..

Demikian siaran pers Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A.


< HALAMAN MUKA >


 
 
 
 

Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved