http://www.lacakindonesia.com

 

Laksamana TNI Agus Suhartono

Panglima TNI

 

Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, S.E.

Kapuspen TNI

 

Kol Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A.

Kadispenum Puspen TNI

 

Satgas Indobatt Mendapat Kepercayaan Menempati Pos Baru di Lebanon

Lacakindonesia.com, Jakarta, 7 September 2012

Liputan: Siska Kartika

Satgas Indonesian Battalyon (Indobatt) TNI Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon), dalam waktu dekat akan mendapatkan area operasi baru di Lebanon Selatan, menggantikan salah satu pos dari Batalyon Spanyol. Kepastian ini menyusul turunnya perintah dari Komandan Sektor Timur UNIFIL Brigadir Jenderal Manuel Romero Carril untuk mengisi pos baru yang ditindaklanjuti dengan peninjauan ke lapangan oleh Tim dari Indobatt yang dipimpin oleh Kepala Staf Umum Satgas Mayor Mar Agustinus Purba, Kamis (6/9/2012).

Rencana area yang  diserahterimakan ke Satgas Indobatt seluas 40 km² dengan satu buah compound atau markas UN POsn 9-15, di Kafer Killa, yang menampung satu kompi min (-) sekitar 70 personel. Di dalam area tersebut terdapat blue line garis perbatasan Lebanon-Israel sepanjang 5 km, menyambung dengan blue line yang menjadi area tanggung jawab Indobatt sebelumnya sepanjang 4,7 km.

Menurut Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono yang didampingi Wadansatgas Letkol Mar FJH. Pardosi, usai menerima laporan hasil peninjauan mengatakan, rencana perluasan AOR (Area of Responsibility) Indobatt ini merupakan suatu kepercayaan UNIFIL atas kinerja yang selama ini ditunjukkan oleh seluruh personel Indobatt.

Lebih lanjut dikatakan, kepercayaan ini sekaligus merupakan tantangan bagi personel Indobatt untuk lebih meningkatkan profesionalitasnya dalam melaksanakan tugas di lapangan, “sehingga kepercayaan ini dapat dipertanggung jawabkan,” jelasnya.

Penyerahan AOR baru kepada Satgas Indobatt rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2012, dengan penambahan area operasi baru ini, berarti Indobatt akan memiliki luas wilayah operasi keseluruhan 160 km² dari luas sebelumnya 120 km².

Tim dari Satgas Indobatt yang turut dalam peninjauan kelapangan yaitu Kasilog Satgas Kapten Kal Indra Aditya, Pasiops Lettu Inf Budi Prakoso, Perwira Perhubungan Satgas Kapten Lek M. Nuh, Lettu Sus Heri Ristanu, UNIFIL Kepala G3 (Staf Operasi)  Sektor Timur UNIFIL Mayor Blanco dan Kasiops Batalyon Spanyol Mayor Bellido.

Demikian siaran pers Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, Lettu Inf Suwandi yang diterima Lacakindonesia.com Jakarta.


< HALAMAN MUKA >

 
 
 
 

Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved