http://www.lacakindonesia.com

 

Marsanto M.S.

Anggota DPR RI - F PDIP

Swasembada Gula 2014 Hanya Bisa Dicapai Dengan Kecukupan Lahan

Lacakindonesia.com, Jakarta, 8 Oktober 2012

Liputan: Siska Kartika / Amroni

Bagaimana mau swasembada gula 2014 kalau ketersediaan lahan untuk tebu masih banyak kekurangan lahan, meskipun lahan yang dimiliki sekarang belum memadai. Oleh karena itu angka menyamakan persepsi sangat diperlukan dalam menuju swasembada gula 2014

Kebutuhan akan kesediaan lahan untuk tanaman tebu, dibutuhkan luasan lahan 800.000 hektar sedangkan yang tersedia saat ini baru 450.000 hektar, berarti kan masih ada kekurangan 350.000 hektar yang harus mendapatkan perhatian pemerintah, kata Marsanto M.S., Anggota DPR RI Komisi IV F-PDI Perjuangan kepada Lacakindonesia.com di gedung DPR/MPR Senayan Jakarta, Senin sore (8/10/2012).

Sedangkan masalah pabrik gula yang umumnya sudah tua gedungnya, bukan suatu alasan yang dapat menghambat produksi gula. Menurut dia, “sejak dulu pabrik gula sudah begitu gedungnya, gedung tua, yang terpenting adalah hasil akhir yang panennya bisa meningkat." ujar Politisi PDI Perjuangan itu.

“Hampir semua direksi PTPN dan RNI pesimis untuk swasenbada gula 5,7 ton bisa tercapai pada tahun 2014". imbuh dia, "Kalau saja gula berbasis tebu 3 juta ton artinya perlu 48 juta ton tebu bila rendemen rata-rata 6,5 % saat ini per hektar lahan rata-rata 60 ton tebu artinya butuh lahan 800.000 hektar, saat ini yang tersedia sekitar 450.000 hektar sehingga kekurangan 350.000 hektar, ini yang harus mendapatkan perhatian pemerintah untuk membantu penyediaan lahan, atau dengan jalan meningkatkan produktifitas tebu per hektar dan rendemennya juga harus ditingkatkan", ujar Marsanto.

Dia memberi contoh, "Di Colombia saja produktifitas bisa mencapai lebih dari 120 ton dan rendemen di atas 11%. Untuk itu kebangkitan kembali semangat pemangku kepentingan kita tunggu, sudah barang tentu kesejahteraan petani tebu harus kita perjuangkan," jelas Marsanto.

"Oleh karena itu, pemerintah sudah menyetujui anggaran sebesar Rp. 259 miliar yang diharapkan mampu mengcover kebutuhan lahan yang dikehendaki," imbuh dia.

Marsanto mengatakan, “Kita bisa pahami apa yang menjadi kendala para produsen tebu, tentunya kita dari DPR akan mendukung upaya tercapainya swasembada gula 2014 bagi kepentingan perekonomian bangsa, sehingga ketahanan pangan dapat ditopang dengan produksi gula yang kita harapkan semakin meningkat dari tahun ke tahun, itu harapan kita semua,” tutup Marsanto M.S. Anggota DPR RI F-PDI Perjuangan yang mantan Dirut Perum Perhutani.


< HALAMAN MUKA >

 
Gedung DPR/MPR Senayan Jakarta

Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved