http://www.lacakindonesia.com

 

Laksamana TNI Agus Suhartono

Panglima TNI

 

Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, S.E.

Kapuspen TNI

 

Kol Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A.

Kadispenum Puspen TNI

Wadirlat buka Penataran Latihan Posko Latgab TNI

Lacakindonesia.com, Jakarta, 15 Oktober 2012

Liputan: Siska Kartika

Wakil Direktur Latihan (Wadirlat) Marsekal Pertama TNI Anang Murdianto mewakili Direktur Latihan Mayor Jenderal TNI Djumadi, membuka Penataran Wasdal Latihan Posko Latihan Gabungan (Latgab) TNI TA. 2012 di Mako Komando Latihan Armada Timur (Kolat Armatim) Surabaya, Senin (15/10/2012). Kegiatan tersebut diikuti 120 orang dari Mabes TNI dan Angkatan.

Dalam amanatnya Direktur Latihan mengatakan bahwa sebagai komponen utama yang bertugas menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara, TNI telah menggelar kekuatan sesuai kebutuhan pengamanan dan pertahanan wilayah nasional, sebagai upaya deteksi dini dan kesiap siagaan dalam rangka menindak serta menggagalkan setiap bentuk ancaman kekuatan asing yang berada di wilayah Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, tugas pengamanan dan pertahanan tersebut menuntut kemampuan dan kesiapsiagaan serta Sistem Pertahanan Nasional yang memadukan kekuatan dan kemampuan unsur Darat, Laut dan Udara dalam rangka menghadapi kontijensi yang mungkin timbul di seluruh wilayah Indonesia. Untuk itu diperlukan penyelenggaraan latihan untuk menguji Rencana Operasi dan Doktrin-Doktrin Pertahanan masing-masing matra dalam rangka mengukur kesiapsiagaan operasional baik aspek personel, materil, perangkat lunak serta alut sista yang siap sewaktu-waktu digunakan dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang mungkin timbul.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Direktur Latihan mengatakan agar latihan yang akan dilaksanakan dapat mencapai hasil yang optimal sesuai sasaran dan tujuan latihan, maka pada hari ini dilaksanakan penataran Wasdal dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang hal-hal yang terkait dengan Operasi Latihan yang akan dilaksanakan, serta penyamaan persepsi di dalam pelaksanaan Wasdal agar mekanisme latihan dapat berjalan sesuai yang direncanakan.

Usai pembukaan dilanjutkan pembekalan yang disampaikan oleh Brigadir Jenderal TNI Hinsa Siburian selaku Deputy Olah Yudha dengan materi Latgab TNI 2012, Pengertian-pengertian, Operasi Gabungan TNI Matra Terpadu, Konsep Kampanye Militer, Dasar Penyelenggaraan Latihan dan Materi Latihan yang ingin dikembangkan.

Sumber: Dansatgaspen Latgab TNI 2012, Letkol Laut (KH) Drs. Edys Riyanto, M.Si


< HALAMAN MUKA >

 
 
 

Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved