http://www.lacakindonesia.com

 

Laksamana TNI Agus Suhartono

Panglima TNI

 

Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul, S.E.

Kapuspen TNI

 

Kol Cpl. Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc, M.Si, M.A.

Kadispenum Puspen TNI

KOMI Gelar Sidang Umum dan Kongres CSIM di Jakarta

Lacakindonesia.com, Jakarta, 17 Oktober 2012

Liputan: Siska Kartika

Dewan Olahraga Militer Internasional (CSIM-Conseille International du Sport militaire) akan menggelar Sidang Umum dan Kongres ke-68 di Jakarta, tanggal 11-17 Mei 2013 mendatang. CSIM yang didirikan pada tanggal 18 Februari 1948 merupakan salah satu organisasi olahraga terbesar di dunia, yang menjadi wadah pertemuan dan persahabatan Angkatan Bersenjata dari 133 negara anggota, termasuk TNI yang pada tanggal 14 April 2010 telah dikukuhkan menjadi anggota CSIM ke-133, menyusul setelah Thailand dan Vietnam.

Untuk pelaksanaan Sidang Umum dan Kongres ke-68 tahun 2013 di Jakarta, Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) mendapat kunjungan dari Sekjen CSIM Colonel Alexandre Morisod (Swiss) dan Direktur Administrasi CSIM Mr. Olivier Verhelle (Belgia) selama 3 hari (14 s.d 16 Oktober 2012).

Selama melaksanakan kunjungan ke Indonesia, Sekjen CSIM melaksanakan courtesy call kepada Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., (Pembina KOMI) yang diwakili Mayjen TNI Hambali Hanafiah (Ketua KOMI), Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman (Ketua KONI Pusat) dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang diwakili Sesmenpora Yuli Mumpuni Widarso. Maksud kunjungan tersebut untuk menjelaskan tentang CSIM dan rencana pelaksanaan Sidang Umum dan Kongres ke-68 tahun 2013 di Jakarta.

Sidang Umum CSIM merupakan forum Dewan CSIM tertinggi yang terdiri dari 133 delegasi negara anggota, yang diselengarakan 1 (satu) tahun sekali di negara anggota yang diajukan atas dasar usulan negara anggota dan diputuskan melalui voting Sidang Umum CSIM. Secara normatif, penyelenggaraan di arahkan kepada setiap negara di kawasan secara bergiliran dengan tujuan desiminasi dan sosialisasi CSIM pada misi olahraga dan perdamaian. Sedangkan forum Kongres diarahkan sebagai forum penyusunan rencana kerja, diskusi, debat, pertukaran informasi dan presentasi yang berkaitan dengan saran, usul, peluang dan kendala dari negara anggota CSIM yang dituangkan di forum regional/Continental CSIM Afrika, CSIM Asia, CSIM Amerika dan CSIM Eropa sebelum pelaksanaan Sidang Umum CSIM.

Penetapan Indonesia sebagai negara tuan rumah merupakan apresiasi dan citra positif, sekaligus promosi terhadap peran aktif Indonesia dalam hal ini TNI dalam mendukung organisasi dunia CSIM, melalui pengembangan dan pembinaan olahraga militer di forum internasional bagi kepentingan persahabatan dan perdamaian dunia, selain misi PBB yang telah dilaksanakan.

Ditinjau dari aspek pembinaan keolahragaan, keanggotaan TNI pada CSIM memiliki 2 esensi penting, yang bermuara pada peningkatan citra, prestasi, harkat dan martabat bangsa. Dua esensi tersebut, pertama, meningkatkan prestasi olahraga TNI di forum militer internasional. Kedua, prestasi TNI di forum CSIM menjadi sumber penguatan bagi peningkatan prestasi olahraga nasional di forum Sea Games, Asean Games.

Dalam program tahunan dan empat tahunannya, CSIM menampilkan 26 cabang olahraga yang dikompetisikan, baik cabang olahraga umum maupun cabang olahraga militer. Dedikasi pembentukan CSIM adalah memberikan kontribusi pada perdamaian dunia dengan menyatukan Angkatan Bersenjata di dunia melalui olahraga dengan motto Friendships Through Sport and Game For Peace. Guna penyelenggaraan berbagai kegiatan tingkat dunia atau tingkat benua dan/atau tingkat regional, CSIM menggunakan 2 (dua) fungsi sebagai dasar, yaitu olahraga dan solidaritas. Terkait dengan kedua fungsi tersebut, CSIM telah menjadi pihak yang cukup penting dan menjadi mitra komunitas olahraga dunia lainnya. CSIM telah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang diorganisir bersama Komite Olimpiade Internasional (IOC-International Olympic Committe), PBB (United Nation) dan Komunitas Eropa (European Community).

Sumber: Kadispenum Puspen TNI, Kolonel Cpl Ir. Minulyo Suprapto, M.Sc., M.Si., M.A.


< HALAMAN MUKA >

 
 
 
 
 
 
 

Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved