http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Bank Mandiri Usul Bank Asing Dilarang Kelola Rupiah

Lacakindonesia.com, Jakarta, 6 Pebruari 2013

Liputan: Amroni

Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini (tengah) berbincang dengan anggota DPR RI Komisi XI usai RDP, di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, 6 Pebruari 2013

PT Bank Mandiri mengusulkan kepada Pemerintah dan DPR agar membuat undang-undang yang melarang bank asing untuk mengelola rupiah melalui kantor cabang yang berada di Indonesia.

Hal ini diusulkan untuk mencari keadilan sebagaimana yang dilakukan pihak asing terhadap bank nasional saat ini.

Direktur Utama PT Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, usulan pelarangan ini diharapkan bisa dimasukan ke dalam draft Rancangan Undang-Undang (RUU) yang saat ini masih dalam pembahasan di DPR. Maka dari itu, perlunya ketegasan yang diatur melalui UU untuk memperlakukan bank asing seperti yang dilakukan otoritas perbankan di negara lain.

"Bank Mandiri di Shanghai dilarang untuk mengelola Ren Min Bi. Kita hanya diperbolehkan mengelola dollar, namun bank China di Indonesia bisa mengelola rupiah. Oleha karena itu kita meminta supaya bank China hanya dibolehkan mengelola dollar," kata Zulkifli di Komisi XI DPR-RI, Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Zulkifli merasakan adanya ketidakadilan dalam pemberlakuan aturan di tingkat regional dan global pada industri perbankan saat ini. Perbedaan aturan tersebut merugikan bank nasional.

"Kemudian setelah 3 tahun kita boleh kelola Ren Min bi, tapi dengan syarat bahwa selama tiga tahun tersebut kita mendapatkan untung," pungkasnya.


< HALAMAN MUKA >

 

Copyright @ 2012,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved