http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Beri Peluang Untuk Kemajuan Wilayah dan Masyarakat

Lacakindonesia.com, Jakarta, 29 Mei 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

 

Walikota Padang Fauzi Bahar menandaskan daerah otonomi memberi peluang besar untuk memajukan wilayah dan masyarakatnya. Soalnya, kepala daerah setempat mulai dari bupati/walikota dan gubernur sudah diberikan banyak kewenangan.

“Sebelum era otonomi, semua urusan, pemerintah pusat yang menentukan. Misalkan untuk izin pertambangan, kehutanan dan sejumlah proyek raksasa. Namun, sekarang ini kepala daerah yang paling berkuasa dan berhak mengeluarkan izin,” ujar Fauzi Bahar mengawali diskusi kenegaraan bertajuk Harkitnas dan Bangkitnya Investasi Daerah di Senayan, Jakarta, Rabu (29/5/2013).

Kewenangan yang cukup besar itulah dipergunakan Fauzi Bahar untuk merangkul sejumlah investor untuk menanamkan modal di Kota Padang, Sumatera Barat. Fauzi memberi berbagai kemudahan bagi pengusaha untuk membangun proyek.

“Untuk membangun perhotelan, rumah sakit dan perumahan, Pemda minimal mengeluarkan 21 jenis ijin atau surat-surat yang diperlukan pengusaha. Semua surat atau yang berkaitan dengan ijin pembangunan proyek, kita urus secepat mungkin tidak perlu bayar alias gratis,” ujar Fauzi.

Fauzi menambahkan, investor yang sudah berinvestasi di Kota Padang di antaranya Lippo Group milik pengusaha nasional James Ryadi. Lippo Group tahun ini akan membangun perhotelan, rumah sakit dan sekolah bertaraf internasional. Lahan yang digunakan dengan merelokasi lahan pemakaman warga tionghoa. “Total investasi yang akan dikucurkan Rp1 triliun lebih,” paparnya.

Keuntungan Pemkot dari proyek tersebut lanjut Fauzi, dapat menampung tenaga kerja ribuan orang dan mendapatkan pajak dari hasil hotel dan perumahan. Jika semua daerah membangun berbagai fasilitas masyarakat tidak akan berduyun-duyun ke Jakarta atau kota besar lain untuk mencari pekerjaan, sekolah, berobat atau belanja.

Sementara itu, Komisaris Kadin Komite Indonesia, John Ryadi menjelaskan, jika pengusaha dan pemerintah daerah bersinergi untuk membangun, banyak daerah di Indonesia yang layak dibangun seperti Kota Padang.

“Pengusaha tidak selalu berorientasi ke bisnis namun ada juga unsur sosial, hanya saja kepala daerah seringkali mempersulit surat atau ijin usaha,” tegasnya.

John mengatakan, Indonesia yang cukup besar serta luas seharusnya ditopang dengan sejumlah daerah kuat dan maju agar tidak terjadi lagi urbanisasi. Minimal setiap provinsi memiliki satu daerah maju yang hampir sejajar dengan kota Jakarta supaya masyarakat tidak harus ke Jakarta.

“Bagaimana agar investor bersedia membangun daerah, berikan kemudahan, itu saja,” tandasnya.


< HALAMAN MUKA >

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved