http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Keputusan MK Bersifat Mengikat Berbahaya

Lacakindonesia.com, Jakarta, 12 Juni 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang bersifat mengikat dan final dinilai sangat membahayakan. Oleh karenannya, buat kepentingan bangsa dan negara, harus ada satu lembaga penyeimbang MK hingga keputusannya tidak menjadi superbody.

"Peran Mahkamah Konstitusi yang keputusannya final, ini berbahaya sekali. Harus dipikirkan lembaga penyeimbang Mahkamah Konstitusi hingga keputusannya tidak superbody," ujar Syafran Sofyan Tenaga profesional Bidang Hukum dan HAM Lemhanas, Syafran Sofyan, dalam Dialog kenegaran bertajuk "Mendesak Tata Ulang Sistem Ketatanegaraan Indonesia", di gedung DPD, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Syafran menambahkan, pentingnya lembaga penyimbang MK tersebut sudah melalui kajian Lemhanas yang dilakukan tahun 2010 lalu. Selain itu, Lemhanas juga sudah melakukan kajian menyeluruh terhadap pelaksanaan amandemen 4 UUD 45.

"Mereposisi MK itu harus melalui amandemen V dan itu sangat dimungkinkan agar fungsi chek and balanced diantara lembaga negara berjalan secara seimbang. Hal yang tidak boleh disentuh dalam amandemen hanya dua hal yakni Pembukaan dan NKRI karena dua hal tersebut merupakan tujuan kita berbangsa dan bernegara," kata Syafran Sofyan.

Kemudian lanjutnya, dia menyarankan dalam proses amandemen V, MPR nantinya harus didampingi oleh Komisi Konstitusi guna mengakselerasi substansi amandemen sehingga hasil amandemen V itu benar-benar bisa menjawab berbagai kebutuhan bangsa ini.

Dikatakannya, sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, rakyat belum diuntungkan dengan sistem demokrasi yang saat ini berlangsung.

"Saat ini yang terjadi malah meratanya korupsi sementara rata-rata pendidikan warga negara masih berkutat di angka 7,5 tahun. Artinya rata-rata pendidikan warga negara Indonesia belum tamat SMP," jelasnya.


< HALAMAN MUKA >

 

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved