http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Penyaluran BLSM ke Daerah Tak Sesuai Harapan

Lacakindonesia.com, Jakarta, 21 Juni 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Efektivitas penyaluran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di daerah menjadi sorotan. Salah satunya anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Darmayanti Lubis, meragukan penyaluran tersebut dapat berjalan sesuai harapan.

"Saya kalau mendengar cerita mengenai bantuan sebetulnya alergi. Di mana pengalaman Bantuan Langsung Tunai (BLT) dulu tidak mencapai sasaran," ujar Darmayanti dalam dialog kenegaraan yang bertajuk “Efektivitas BLSM di Daerah” di Gedung DPD–RI Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Senator asal Provinsi Sumatera Utara ini mengatakan, semakin ke pelosok daerah, bantuan tersebut semakin tak beres. Orang yang seharusnya dapat bantuan justru tidak mendapatkan haknya. "Penyaluran BLSM siapa yang membuat datanya. Karena waktu pelaksanaan program BLT saja terjadi kekacauan. Masyarakat sudah tidak percaya dengan Ketua RT dan RW, sehingga timbul saling curiga mencurigai," kata Darmayanti Lubis.

Darmayanti Lubis menambahkan, secara pribadi tidak sepakat dengan program BLSM yang sudah diputuskan. Dia meminta agar sosialisasinya diperjelas, dan apakah datanya itu berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) atau Data Keluarga Sejahtera.

Terkait dengan ulasan Darmayanti Lubis, Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Firmanzah mengatakan, bahwa data yang akan digunakan saat ini sudah jauh lebih baik dari sisi akurasi ketimbang data tahun 2008.

"Data yang kami gunakan sudah lebih baik, karena sudah ada perbaikan dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang melakukan tabulasi dipadukan dengan data BPS, Kementerian Sosial, dan difinalisasi dengan mencetaknya dalam bentuk Kartu Perlindungan Sosial," jelasnya.

Untuk mengendalikan inflasi, sambung Firmanzah, dilakukanlah koordinasi dengan Bank Indonesia yang kemudian menyesuaikan pagu tingkat suku bunga, sedangkan untuk menjaga daya beli masyarakat dijalankan program BLSM.


< HALAMAN MUKA >

 

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved