http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Kebakaran Hutan, SBY Tak Perlu Minta Maaf

Lacakindonesia.com, Jakarta, 1 Juli 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Keterangan foto dari  kiri ke kanan:

Ketua Tim Kerja MPR, Agun Gunandjar Sudarsa (Ketua Tim Panja MPR-RI) , Andri G Wibisana (Dosen Hukum Lingkungan UI) dan  Mahfudz Siddig (Ketua Komisi I DPR-RI) pembicara dalam Dialog Empat Pilar bertajuk “Asap dan Jatidiri Bangsa” di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (1/7/2013).

Permintaan maaf Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terhadap negara tetangga Malaysia dan Singapura terkait kebakaran hutan di Propinsi Riau tak perlu dilakukan, karena dapat merendahkan martabat bangsa. Tapi, seharusnya presiden mendesak ke dua negara tersebut mewujudkan ketertiban, perdamaian dan keadilan bagi semua negara.

"Presiden tak cukup minta maaf, tapi juga mendesak Singapura dan Malaysia, agar ikut mewujudkan ketertiban dunia, perdamaian, dan keadilan sosial. Ini norma politiknya sebelum meminta maaf,” ujar Agun Gunanjar Sudarsa Ketua Tim Panja MPR-RI dalam dialog Empat Pilar bertajuk “Asap dan Jatidiri Bangsa” di gedung DPR-RI Jakarta, Senin (1/7/2013).

Selain itu kata Agun, jika terjadi masalah antarnegara, misalnya seperti persoalan asap, seharusnya diselesaikan secara kenegaraan. Singapura dan Malaysia harus dipaksa untuk mewujudkan ketertiban dunia, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, maka kedua negara itu harus ikut membiayai dan merawat hutan. Sementara ke dua negara tersebut menjadi duri bagi pemerintah Indonesia. Pekerja Indonesia di sana mendapat perlakuan tidak adil dan dibiarkan saja oleh pemerintah ke dua negara tersebut.

Dikatakannya, misalnya saja Singapura. Soal asap negaranya menyalahkan pemerintah Indonesia. Disisi lain, mereka membuka lebar-lebar pintu bagi para koruptor Indonesia untuk melakukan money loundry di negara tersebut. "Diduga yang membakar itu perusahaan kedua negara tersebut, sehingga SBY tak perlu meminta maaf,” katanya.


< HALAMAN MUKA >

 

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved