http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Desa Bagian Dari Pembangunan Bangsa

Lacakindonesia.com, Jakarta, 4 Juli 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Membangun desa sama saja dengan membangun bangsa dan desa tidak dapat ditinggalkan dari paradigma membangun bangsa. Oleh karenanya desa harus menjadi bagian pembangunan bangsa.

“RUU Desa yang akan disahkan atau sedang dibahas DPR, arahnya untuk pemberdayaan desa,” ujar Ketua Pansus RUU Pemerintahan Desa, Akhmad Muqowam saat diskusi bertajuk “Desa Benteng Terakhir Indonesia. Wujudkan Cita-cita Reformasi Melalui UU Desa yang Pro Demokrasi dan Kesejahteraan Desa” di Press Room DPR Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Menurut Muqowam, 2015 mendatang desa harus dapat alokasi anggaran resmi dari APBN. Di mana UU No.33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah, harus dirubah, agar desa mendapat anggaran yang proporsional. Karena kalau tidak, desa tak mampu mensejahterakan warganya dan tak mampu membangun infrastruktur.

Selain itu kata Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menambahkan, RUU Desa harua memiliki independensi terhadap pemerintahan di atasnya. Sehingga desa bisa mandiri membangun dan mensejahterakan warganya.

“Diharapkan komisi-komisi di DPR harus memikirkan program pemberdayaan desa. Sehingga desa tak lagi sektoral, dan melibatkan semua pihak turut membangun desa,” katanya.


< HALAMAN MUKA >

 

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved