http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

GBHN Dapat Menentukan Arah Pembangunan

Lacakindonesia.com, Jakarta, 13 September 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Garis Besar Haluan Negara (GBHN) di pandang banyak kalangan masih sangat dibutuhkan. Di mana GBHN dapat menentukan arah pembangunan bangsa, dan presiden terpilih 2014 nanti harus mempunyai program kerja seperti yang tertuang di dalam GBHN.

“GBHN penting agar presiden terpilih nanti mempunyai program kerja, dan dapat menentukan arah pembangunan bangsa,” ujar Wakil Ketua Kelompok DPD-RI, John Pieres saat acara Talk Show DPD-RI dengan tema “Pilpres 2014 & Pro Kontra Tentang Perlunya GBHN” di Press Room DPD-RI, Jakarta, Kamis (13/09/2013). Hadir sebagai pembicara, Siti Zuhro Pengamat Politik LIPI dan Politisi Partai Golkar, sedangkan Happy Bone berhalangan hadir.

Menurut John Pieres, kalau tidak ada GBHN, maka setiap lima tahun pergantian presiden, berubah pula program pembangunan yang arahnya tidak pernah jelas, membikin rakyat sengsara dan keadilan tidak pernah terwujud. Sehingga sudah waktunya yang menjadi presiden 2014 mendatang, harus memiliki program kerja seperti GBHN.

“Jika tidak ada GBHN, ibarat membuat bangunan di atas pasir sehingga bangunan tersebut mudah runtuh tergerus air, “ katanya.

Sementara itu, Pengamat Politik LIPI, Siti Zuhro mengatakan, para calon presiden mendatang hendaknya harus memiliki visi dan misi. Dia juga harus mempunyai program pembangunan yang jelas selama lima tahun menjadi presiden.

“Program pembangunan dapat dituangkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM),” ujarnya.

Siti Zuhro menjelaskan, sekarang ini kita lihat arah pembangunan tidak jelas. Orang-orang selalu disibukkan dengan menggadang-gadangkan tokoh-tokoh untuk diusung menjadi Calon Presiden (Capres). Sementara Capres yang digadangkan, belum tentu dapat membawa perubahan untuk masa depan bangsa Indonesian. "Presiden mendatang, tidak jelas mau membawa bangsa Indonesia kemana," jelasnya.

Selain itu kata Siti Zuhro, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terpilih dua kali menjadi presiden. Namun, kenyataanya program pembangunan tidak jelas dan apa yang mau dilanjutkan buat bangsa Indonesia.

“Sementara yang tertuang di GBHN sangat jelas untuk arah pembangunan Indonesia,” katanya berapi-api.


< HALAMAN MUKA >

 

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved