http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Komisi II DPR Hentikan Pembuatan e-KTP

Lacakindonesia.com, Jakarta, 19 September 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi / Siska Kartika

Carut marut pembuatan e-KTP mulai mencuat kepermukaan. Komisi II DPR-RI dengan resmi menghentikan proyek tersebut dan meminta Kemendagri menerbitkan E-KTP seumur hidup.

“Untuk menjaga pemborosan anggaran, Komisi II DPR meminta pemerintah, melalui Kemendagri agar menerbitkan e-KTP yang berlaku seumur hidup,” ujar Ketua Komisi II DPR-RI, Agun Gunanjar Sudarsa dalam Dialog Kenegaraan atas kerjasama Koordinatoriat Wartawan Parlemen dengan Sekretaris Jenderal DPR-RI (Sekjen DPR-RI) di Press Room Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2013).

Hadir dalam acara tersebut, Kuasa Hukum Nazaruddin, Elsa Syarief, dan Mendagri Gumawan Fauzi berhalangan hadir.

Sementara itu, Kuasa Hukum Nazaruddin, Elsa Syarief mengatakan, proses pembuatan e-KTP disinyalir ada mark up di proyek tersebut. Menurutnya, ketika Nazaruddin bertemu dengan penyidik KPK pernah mengatakan bahwa proyek e-KTP ada mark up sebesar 45 persen.

“Apa yang dikatakan Nazaruddin, bukan isapan jempol belaka, semua dilengkapi data dan bukti yang nyata,” katanya.

Elsa menambahkan, data yang diserahkan Nazaruddin merupakan penambahan data yang sudah ada di tangan KPK. Diantaranya, yang dibeberkan Nazarudin adalah komitmen fee, untuk menggolkan proyek e-KTP di APBN, yang awalnya diajukan Rp 6 trilyun, menjadi Rp 5,8 trilyun.

Selain itu kata Elsa, sesuai yang disampaikan Nazarudin pada dia dan dihadapan Penyidik KPK, pengadaan e-KTP telah dihentikan pencetakannya oleh salah satu perusahaan pembuat e-KTP, yakni PT Sandipala Arthaputra (SAP) dengan alasan perusahaan tersebut, karena mereka belum mendapatkan pembayaran dari Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

“Bahkan beredar kabar, penghentian pembayaran dilakukan PNRI karena perusahaan ini sedang bermasalah dengan internalnya,” katanya.


< HALAMAN MUKA >

Drs. Agun Gunanjar Sudarsa

Ketua Komisi II DPR-RI

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved