http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Revisi UU Jasa Konstruksi Penting Buat Perkembangan Jaman

Lacakindonesia.com, Jakarta, 24 September 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Undang-undang No. 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi, dinilai banyak kalangan perlu direvisi. Masalahnya, UU tersebut dipandang sangat penting dengan perkembangan jaman dan perkembangan teknologi.

“RUU Jasa Konstruksi sangat penting. Mengingat perkembangan jaman dan perkembangan teknologi dan perlu dilakukan perubahan dalam UU tersebut,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Mulyadi dalam Dialetika yang bertajuk “RUU Jasa Konstruksi” atas kerjasama Koordinatoriat Wartawan Parlemen dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR-RI, di Press Room, Senayan, Jakarta, Selasa (24/09/2013).

Hadir sebagai pembicara, Ketua Umum Himpunan Ahli Konstruksi (HAKI), Prof. DR.Ir. Drajat Hoedayanto, Meng.

Menurut Mulyadi, saat ini UU Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi dipandang perlu untuk dilakukan revisi dan diharapkan dapat mendorong perkembangan dan menjawab dinamika sektor konstruksi. Namun, secara formal UU tersebut belum mampu menjawab kebutuhan terciptanya konstruksi yang handal dan tangguh sesuai amanah dalam UU tersebut.

“Sehingga dengan adanya revisi UU JasaKonstruksi, diharapkan dapat menjawab kebutuhan tercipnya konstruksi yang handal dan tangguh,” katanya.

Sementara itu, menurut Ketua Umum HAKI, Drajat Hoedayanto, kalau kita ingin melakukan perubahan atau revisi terhadap UU Jasa Konstruksi, sebaiknya kita menetapkan terlebih dulu definisi “konstruksi” itu.

Selain itu katanya, pentingnya RUU tersebut direvisi, dapat mengatur secara spesifikasi masalah tehnis jasa konstruksi, diantaranya, mengatur masalah lembaga, pengaturan, pengawasan, standar kegagalan, quality assurance, dan standar keselamatan, dan yang menjadi amat penting dalam RUU tersebut di masukkan juga standar gaji konsultan.

“RUU ini sangat penting di revisi agar dapat mengatur secara lebih spisifikasi dalam pengaturan masalah tehnis jasa konstruksi,” katanya.


< HALAMAN MUKA >

 

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved