http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Irman Gusman: DPD Akan Gugat DPR Pasca Putusan MK

Lacakindonesia.com, Jakarta, 2 Oktober 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Irman Gusman mengatakan, bila nanti sampai Desember 2013, DPR tetap tidak merespon keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), atas kewenangan DPD yang keluar pertengahan Maret 2013, akan menjadikannya sebagai sengketa antar lembaga negara.

"Paling lambat Desember 2013, DPR tidak mematuhi keputusan MK, akan menjadikannya sebagai persoalan antar lembaga negara,” ujar Irman Gusman dalam Dialog Kenegaraan atas kerjasama Koordinatoriat Wartawan Parlemen dengan Sekretaris Jenderal DPD-RI, bertajuk “9 Tahun Kiprah DPD” di gedung DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2013).

Menurut Irman Gusman, dengan tidak diresponnya putusan MK oleh DPR, mengundang banyak pertanyaan dari berbagai pihak dan pertanyaan tersebut sulit untuk dijawab. Apalagi disetiap kunjungan ke daerah-daerah pertanyaan itu selalu muncul. Sehinga jika tidak ada masalah, mengapa sampai sekarang DPR tetap ngotot tidak mau melaksanakan putusan MK tersebut.

Peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat ini menambahkan, setelah keluarnya putusan MK, semua produk undang-undang yang dibuat DPR bersama pemerintah yang menyangkut daerah cacat secara yuridis formal. Sementara putusan MK menyatakan, kedudukan DPD sejajar dengan DPR dan pemerintah dalam proses pembuatan UU.

"Setelah putusan MK, DPR dengan pemerintah masih membuat UU, itu sama saja cacat secara yuridis formal. Atas keputusan tersebut masyarakat dan daerah tentu dirugikan,” kata Irman Gusman.

Meskipun UUD 1945 sudah diamandemen, kata Irman, kewenangan konstitusional DPD belum sebanding dengan DPR. Sehingga untuk menjadi lembaga negara yang kuat, DPD harus punya wewenang untuk menentukan kebijakan. Ditambah lagi pasca keputusan MK, tentunya DPD dapat menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya.

“Walau saat ini DPD belum setara dengan DPR, namun DPD tetap berusaha meningkatkan kinerjanya dan sesuai dengan fungsinya,” tandasnya.


< HALAMAN MUKA >

 
Irman Gusman
 

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved