http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

La Ode Ida: Karakter Pemimpin Ibarat Angin

Lacakindonesia.com, Jakarta, 4 Oktober 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Wakil Ketua DPD RI, La Ode Ida mengatakan, menurut filosofi, karakter seorang pemimpin itu ibarat seperti angin. Ia bisa membawa sesuai arah yang diinginkan dan mencapai tujuan. Namun, jika pemimpinnya kurang baik, maka dapat dipastikan, akan menuai keburukan. Seperti yang dialami Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ia merasa prihatin pasca ditetapkannya Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar menjadi tersangka dugaaan korupsi. Sementara MK adalah lembaga tinggi negara, yang membawahi konstitusi,” ujar Wakil Ketua DPD-RI, La Ode Ida dalam Talk Show DPD RI bertajuk “MK, Masih Dipercayakah Oleh Rakyat?” di gedung DPD-RI, Senayan, Jakarta, Jumat (4/10/2013).

Acara tersebut menghadirkan pembicara, Pengamat Hukum Tata Negara, Irman Putra Sidin dan Ketua Mediasi Hukum Nasional, John Palinggi.

Menurut La Ode Ida, bila pemimpinnya benar, maka ia dapat memimpin sebuah lembaga itu menjadi baik. Namun, bila pemimpinnya kurang bermoral, tentu hasilnya kurang baik. Lihat saja contohnya, MK. Padahal, MK dianggap lembaga yang paling mulia.

“Kalau Ketua MK saja sudah rusak, bagaimana bawahannya,” katanya.

La Ode Ida menambahkan, keputusan dan arahan pimpinan yang moralnya rusak dapat dipastikan akan mempengaruhi karakter bawahannya. Oleh karena itu, putusan hukum yang diambil saat kepemimpinan Akil Mochtar patut dipertanyakan.

“Hakim MK, dianggap sebagai negarawan yang paling hebat, paling mulia. Namun, kenyataanya tidak sesuai harapan,” jelasnya.

Lebih jauh Senator dari daerah pemilihan Sulawesi Tenggara ini mengatakan, harus ada moratorium segala kasus yang sedang ditangani MK. Presiden harus membuat perpu sengketa pilkada tidak ditangani MK. Karena lahan ini empuk untuk mafioso.

"MK hanya menjadi penjaga konstitusi. Jangan terlibat dalam politik. Karena politik, uang yang berkuasa,” tandasnya.


< HALAMAN MUKA >

 
La Ode Ida
 

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved