http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Hendrawan Supratikno: Peningkatan Industrialisasi Sangat Diperlukan

Lacakindonesia.com, Jakarta, 8 Oktober 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Sesuai amanat konstitusi, kita harus merancang industrialisasi. Sementara Indonesia merdeka, tidak serta merta, hanya tercukupi hanya dengan sandang dan pangan. Peningkatan industrialisasi-pun sangat diperlukan.

“Kemiskinan yang masih melanda Indonesia, disebabkan gagalnya industrialisasi. Rakyat Indonesia yang seharusnya mengekspor barang jadi, tapi hanya bisa mengekpor barang mentah, sehingga rakyat menjadi konsumen, dan bukan sebagai produsen modernisasi,” ujar Ketua Panja RUU Perindustrian, Hendrawan Supratikno dalam perhelatan Forum Legislasi bertajuk “RUU Perindustrian” di Press Room DPR-RI, Senayan, Jakarta, (08/10/2013).

Menurut Hendrawan Supratikno, sesuai amanat konstitusi, kita perlu merancang industrialisasi. Cita-cita kemerdekaan tidak hanya cukup dengan sandang pangan yang kini sudah tak dapat lagi mencukupi kebutuhan dalam negeri. Indonesia harus meningkatkan industrialisasi, agar rakyat dapat sejahtera, sesuai UUD 1945 pasal 33 ayat 5 yang berisi perintah memuat UU perekonomian nasional. Namun sayangnya UU tersebut tidak terlaksana.

”Pembahasan UU berlarut-larut. UU belum berjalan, draf masih kasar dan dukungan akademisi masih kurang. Begitupun dengan RUU Perindustrian buat menggantikan UU Nomor 5 Tahun 1985 tentang Perindustrian,” kata Hendrawan.

Hendrawan menambahkan, di dalam naskah RUU Perindustrian, ada upaya pemerintah untuk menonjolkan nasionalisme ekonomi. Pasalnya, ada pasal-pasal yang mengatur bahwa domestik bahan mentah tidak bisa diekspor sebelum kebutuhan dalam negeri terpenuhi. Ini artinya, ada pernyataan untuk lebih dahulu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Jadi sebelum bahan mentah diekspor maka harus diolah di dalam negeri, untuk memperluas jangkauan standarisasi," ujar Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini.


< HALAMAN MUKA >

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved