http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Parpol Tak Rela DPT Bermasalah

Lacakindonesia.com, Jakarta, 25 Nopember 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Keterangan gambar:

Wakil Ketua MPR RI, Ahmad Farhan Hamid (tengah), Anggota F-PAN MPR RI, Teguh Juwarno (kanan), Pengamat Politik Herry Budianto (kiri) saat menjadi pembicara Dialog Pilar Negara dengan tema “Tahun Politik Dan Potensi Konflik Jelang Pemilu 2014” di Gedung Parlemen Jakarta, Senin (25/11/2013).

Pakar Komunikasi Politik Universitas Indonesia (UI), Heri Budianto mengatakan, partai politik tidak mungkin rela bila daftar pemilih tetap (DPT) yang bermasalah tidak diselesaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang akan menjadwalkan penetapan DPT 4 Desember mendatang. Masalahnya, nasib 10,4 juta DPT yang bermasalah, justru akan sangat berbahaya.

“KPU hendaknya pada tanggal tersebut harus hati-hati. Karena bila DPT yang bermasalah tidak diselesaikan, partai politik dapat dipastikan akan beraksi,” ujar Heri Budianto dalam Dialog Kenegaraan bertajuk “Tahun Politik dan Potensi Konfilik Jelang Pemilu 2014” di Gedung DPR/MPR/DPD Jakarta, Senin (25/11/2013).

Menurut Heri, partai politik tentunya tidak akan rela bila DPT yang bermasalah, tidak diselesaikan oleh KPU. Sehingga KPU pada tanggal penetapan DPT nanti, harus berhati hati dan harus berusaha mengantisipasi segala kemungkinan-kemungkinan, karena momentum itu dapat menimbulkan terjadinya konflik antara penyelenggara dengan partai politik yang mempunyai kepentingan dengan DPT.

“Konflik itu jika dicermati dapat dipicu dari persiapan sampai penetapan DPT yang muaranya dari kinerja KPU itu sendiri,” katanya.

Heri Budianto menambahkan, KPU juga harus meningkatkan kinerjanya dalam pendistribusian logistik ke daerah-daerah yang rentan dapat menimbulkan konflik. Di mana persoalan logistik tak pernah selesai selama Pemilu dilaksanakan.

"KPU tak bisa memenuhi waktu dalam pendistribusian logistik, yang akhirnya dapat menimbulkan konflik,” tandasnya.


< HALAMAN MUKA >

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved