http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

Kesenian Betawi Sudah Menasional

Lacakindonesia.com, Jakarta, 28 Nopember 2013

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi / Amroni

Keterangan gambar:

Ketua DPD-RI Irman Gusman, Wakil Ketua DPD-RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Deputy Gubernur Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata Sylviana Munir dan Senator dari Propinsi DKI Jakarta Vivi Effendy, bersama Abang-None Jakarta saat membuka “Festival Seni dan Budaya Betawi” di Gedung DPR/DPD/MPR  Senayan Jakarta,  Kamis (28/11/2013).

Ketua DPD-RI, Irman Gusman mengatakan, kesenian dan budaya Betawi sebenarnya sudah menasional. Namun, masih diperlukan kegiatan yang lebih kontinyu, agar kesenian dan budaya Betawi itu menjadi ujung tombak di dalam setiap acara jika diselenggarakan di daerah DKI Jakarta.

“Saya memberikan apresiasi atas terselengaranya acara kesenian Betawi di DPD-RI ini. Acara tersebut hendaknya terus menjadi agenda di parlemen, tidak hanya sekali ini saja,” ujar Irman Gusman dalam sambutan pada acara “Festival Seni dan Budaya Betawi di DPD-RI” di Jakarta, Kamis (28/11/2013)

Acara tersebut dihadiri, Tokoh-tokoh Betawi, Anggota DPD-RI dan Deputi Gubernur Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Sylviana Murni yang mewakili Gubernur Jakarta dan tamu undangan lainnya.

Menurut Irman Gusman, DPD-RI memang baru berusia sembilan tahun. Namun, dulu Sekjen DPD, Siti Nurbaya berasal dari Betawi. Di tambah lagi, dengan kepedulian Senator dari Propinsi DKI Jakarta, Vivi Effendy dan kawan kawan dengan penuh semangat untuk menjaga kelestarian Budaya Betawi tersebut menyelenggarakan Festival Seni dan Budaya Betawi di DPD-RI selama dua hari 28-29 November 2013.

“Walau baru pertama kali Festival Seni dan Budaya Betawi ini diselenggarakan di lingkungan parlemen, namun hendaknya ke depan menjadi agenda khusus agar tetap terselenggara acara tersebut,” kata Irman.

Sementara itu, Deputy Gubernur Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Sylviana Munir dalam sambutannya mengatakan, acara Festival Seni dan Budaya Betawi ini terselenggara, berkat dukungan dari berbagai kalangan, khususnya Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi). Di mana hal ini terlihat waktu Jokowi baru sepuluh hari menjabat sebagai Gubernur, beliau sudah mencanangkan agar seluruh pegawai dilingkungan Pemkot DKI Jakarta, dalam satu hari memakai pakaian khas Betawi. Dan membuat daerah Setu Babakan menjadi daerah permukiman warga Betawi.

“Alhamdulillah sudah keluar SK Gubernur, dan sudah terealisasi,” kata Silviana Munir dan mendapat aplus dari para hadirin.

Selain itu, lanjut Silviana Murni, kebudayaan Betawi patut dipertahankan. Apalagi ibukota negara berada di Jakarta di tanah Betawi. Sehingga sudah sepatutnya kebudayaan ini dapat menjadi pembuka acara disetiap kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta.

“Saya mengapresiasi gagasan yang dibuat oleh Senator dari Propinsi DKI Jakarta, ibu Vivi Effendy dan kawan kawan. Semoga dapat menajadi acara rutin di lingkungan parlemen,” katanya.

Begitupun sama halnya menurut Anggota Senator dari Propinsi DKI Jakarta, Vivi Effendy. Dalam rilisnya, dia mengatakan untuk menjaga kelestarian Budaya Betawi perlu selalu menyelenggarakan Festival Seni dan Budaya Betawi. Kegiatan tersebut merupakan wujud berkepribadian yang berbudaya sesuai dengan amanah UUD 1945 dan agar masyarakat umum tidak hanya mengenal seni dan budaya Betawi itu, hanya sebatas ondel ondel dan kerak telor saja.

Lebih jauh Vivi Effendi mengatakan, pemerintah Propinsi DKI Jakarta berkewajiban menjaga kelestarian seni dan budaya Betawi dan mengajak seluruh lapisan masyarakat dan stake holder (pemangku kepentingan) untuk mempromosikan kepada masyarakat nasional dan internasional dengan bekerjasama pada instansi pemerintah lainnya.

”Memang DPD-RI hampir tak pernah menyajikan budaya Betawi dalam acara acara resminya. Padahal jelas jelas kantor DPD-RI berada di wilayah DKI Jakarta,” jelasnya.

Vivi Effendy menambahkan, kegiatan ini merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh Senator DPD-RI Propinsi DKI Jakarta.

“Acara seni dan budaya Betawi ini diharapkan dapat terus dilanjutkan dan dilaksanakan dimasa yang akan datang sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya Betawi,” tandasnya.


< HALAMAN MUKA >

 

Ketua DPD-RI Irman Gusman, Wakil Ketua DPD-RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Senator dari Propinsi DKI Jakarta Vivi Effendy, saat jumpa pers.

 

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved