http://www.lacakindonesia.com

 

Dahlan Iskan

Menteri BUMN

 

Dahlan Iskan Berpotensi Besar Pada Pilpres 2014

Lacakindonesia.com, Jakarta, 18 Desember 2013

Liputan: Amroni

Keterangan gambar, dari kiri ke kanan:

Toto Sugiarto (Pengamat Pemilu), Gun Gun Heryanto (Pengamat Politik), Gandhi Parapat (Deklarator Forum Dahlan Iskan /Fordis), dan Puspita Ayu (Moderator) dalam acara Diskusi Fordis dengan tema “Mengukur Elektabilitas dan Popularitas Dahlan Iskan di Kursi RI” bertempat di Kopi Tiam Veteran, Jakarta (18/12/2013).

Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dinilai sebagai sosok yang berpotensi besar masuk ke dalam bursa Pilpres 2014. Masyarakat melihat bahwa ada tipikal yang berbeda dari Dahlan Iskan yang menjadi kekuatan di tengah perubahan trent pemilih dari basis image politic pada 2004-2009, menjadi basis kinerja.

“Dahlan Iskan merupakan orang yang berpotensi besar, tapi berada di tempat yang berpotensi kecil” ujar Toto Sugiarto, Pengamat Pemilu dalam diskusi yang diselenggarakan Forum Dahlan Iskan (Fordis) di Jakarta, Rabu, (18/12/2013).

Menurut Toto, penampilan Dahlan Iskan juga sederhana. Namun, kesukaan masyarakat pada sosok yang berpenampilan sederhana itu diimbangi dengan kinerja pejabat tersebut. “Meskipun pemilih sekarang suka pemimpin yang biasa saja, tapi yang sudah terlihat bukti kinerjanya bagus,” katanya.

Pengamat Politik Gun Gun Heryanto menambahkan penting bagi ‘aktor’ menunjukan kapabilitas dirinya, apakah sosok yang akan bertarung dalam Pilpres, memiliki track record untuk mengikuti permainan dengan baik dan benar. “Siapapun yang bertarung mari bertarung di level gagasan,” ujarnya.

“Dahlan harus bekerja keras meningkatkan elektabiltasnya dalam persaingan Capres. Sebab, dalam konvensi Partai Demokrat, Dahlan memiliki porsentase elektabilitas paling tinggi dari peserta konvensi lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu Deklarator Forum Dahlan Iskan (Fordis), Gandhi Parapat, menegaskan, gerakan yang dia gagas bersama sejumlah deklarator lainnya, terlalu kecil jika hanya untuk menghantarkan Dahlan Iskan sebagai Capres 2014 mendatang.

Gandhi menjelaskan, Fordis, sebuah gerakan mulia untuk hadirnya perubahan besar dari seluruh elemen rakyat Indonesia. Fordis akan terus mensosialisasikan ke masyarakat luas agar meniru dan mengikuti jejak sosok Dahlan Iskan yang dinilai penuh inspirasi, berani, dan sosok pekerja keras.

“Jadi ini bukan hanya sekadar untuk mendukung Dahlan Iskan menjadi seorang Presiden. Tapi lebih kepada keinginan agar semangat beliau tertular kepada seluruh rakyat Indonesia, mengubah orang yang dulunya pemalas dan hanya menghayal, menjadi orang-orang kreatif. Tapi kalau ada yang menginginkan dan mengusung beliau menjadi presiden, tentu kita dukung penuh,” ujarnya.

Gandhi menilai, banyak hal dari seorang Dahlan Iskan yang dapat dijadikan sebagai inspirasi. Antara lain, bahwa dengan kerja keras. Dahlan yang dulunya hanya seorang pemuda miskin, mampu menjadi pengusaha besar.

Dahlan Iskan hampir tidak pernah berhenti melakukan hal-hal positif. Mulai dari melakukan reformasi total di tubuh BUMN, hingga tidak pernah berhenti mengajak masyarakat memiliki gaya hidup sehat.

“Saya kira kalau itu dilakukan untuk mengejar harta, tidak mungkin. Karena sekarang ini beliau kan sudah sangat berkecukupan. Harapan kami, dengan gerakan Fordis, generasi muda dapat mengikuti jejak Dahlan Iskan yang terus bekerja dan mempunyai pengharapan yang tinggi,” ujar Gandhi.

Menurut Gandhi, Fordis dideklarasikan 9 September 2013, yang kini telah berdiri di 10 Provinsi, dan hanya mengandalkan swadaya masyarakat yang peduli ingin melihat perubahan di negara ini.


< HALAMAN MUKA >

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved