http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

DPR Sahkan UU Keinsinyuran

Lacakindonesia.com, Jakarta, 25 Pebruari 2014

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Keterangan gambar:

Ketua Pansus RUU Keinsinyuran, Rully Chairul Azwar, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII)Bobby Gofur Umar (Tengah), dan Ketua Umum Masyarakat Tranfortasi Indonesia (MTI), Danang Parikesit.

Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-undang (RUU) Keinsinyuran Rully Chairul Azwar mengatakan, dengan disahkannya RUU Keinsinyuran menjadi UU merupakan bentuk perhatian khusus dari berbagai kalangan. Masalahnya, selama ini Indonesia merupakan salah satu negara yang belum mempunyai UU Keinsinyuran. Namun, hari ini UU Keinsinyuran melalui Sidang Paripurna DPR-RI telah mensahkannya menjadi UU.

“Tenaga insinyur Indonesia belum sepenuhnya dihargai dan disetarakan dengan para insinyur luar negeri. Namun dengan adanya UU Keinsinyuran dapat meningkatkan daya saing dan kompetensi para insinyuran dalam negeri,” ujar Rully Chairul Azwar dalam Forum Legislasi bertajuk “RUU Keinsinyuran” di Press Room DPR RI Jakarta, Selasa (25/02/2014).

Menurut Rully Chairul Azwar, popularitas profesi insinyur sekarang ini jauh dibawah popularitas hukum, guru dan lain sebagainya. Para insinyur kita banyak lari keluar negeri karena mereka lebih dihargai disana. Tapi dengan disahkannya RUU Keinsinyuran menjadi UU Keinsinyuran, tenaga insinyur segera mendapat kesetaraan dengan insinyur luar negeri.

“Yang penting dalam UU Keinsinyuran adanya sertifikasi insinyur sebagai kompetensi keahlian untuk menciptakan daya saing di era globaliasi,” katanya.

Rully Chairul Azwar menambahkan, dengan pemberdayaan tenaga insinyur, Indonesia tidak lagi menjadi negara konsumen produk-produk teknologi negara maju. Para insinyur dalam negeri diharapkan dapat menjadikan Indonesia menjadi negara produsen teknologi.

”Dengan demikian ada semacam jaminan kerja para insinyur. Pemerintah kelak dihimbau dapat menyediakan lapangan kerja buat para insinyur,” tandasnya.


< HALAMAN MUKA >

Copyright @ 2013,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved