http://www.lacakindonesia.com

 

Gedung DPR/MPR RI Jakarta

 

DPD Diminati Para Tokoh

Lacakindonesia.com, Jakarta, 19 Maret 2014

Liputan: Oktavip Iskandar Hamdi

Keterangan gambar:

Ketua DPD-RI, Irman Gusman (kiri), Politisi Senior PDI-P, Sabam Sirait (tengah) dan Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodradi saat menjadi pembicara dalam Dialog Kenegaraan bertajuk "Pemilu 2014: Perang Tokoh Calon Senator" di Gedung DPD/DPR/MPR-RI Jakarta, Rabu ((19/03/2014).

Ketua DPD-RI Irman Gusman mengatakan, banyaknya para tokoh yang mencalonkan menjadi calon anggota DPD-RI menandakan bahwa kinerja DPD sesuai susduk dari tahun 2003 sampai 2009 sudah semakin baik. Di mana fungsi DPD selaku senator sudah semakin seksi, sehingga banyak diminati oleh tokoh-tokoh senior untuk menjadi anggotanya.

“Tahun 2014 ini, calon anggota DPD banyak diminati oleh tokoh-tokoh bangsa. Salah satunya, Sabam Sirait mencalonkan dirinya sebagai calon anggota DPD dari daerah pemilihan DKI Jakarta, menambah semaraknya DPD untuk periode yang akan datang,” ujar Irman Gusman dalam Dialog Kenegaraan bertajuk “Pemilu 2014: Perang Tokoh Calon Senator” di Gedung DPD/DPR/MPR-RI Jakarta, Rabu (19/03/2014).

Dalam acara tersebut menghadirkan pembicara Politisi Senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait dan Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari.

Menurut Irman Gusman, dengan semakin baiknya kinerja DPD membuat banyak tokoh tertarik untuk bergabung menjadi anggota DPD. Hal ini tentu menjadi nilai tambah buat DPD agar dapat lebih meningkatkan kinerjanya pada periode mendatang.

“DPD sebenarnya fungsinya untuk merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya.

Sementara itu, menurut Politisi Senior PDI-Perjuangan, Sabam Sirait mengatakan, dulu sewaktu ia di badan pekerja DPR banyak yang tidak setuju dengan adanya DPD, karena Indonesia bukan negara federal. Namun berbekal dari kunjungan ke berbagai daerah, bahwa keberadaan DPD diperlukan untuk NKRI sehingga berdirilah DPD-RI.

”Tapi saya tetap takut kalau negara kita dibentuk menjadi negara federal,” katanya.

Sabam Sirait menambahkan, terkait pencalonan dirinya menjadi calon anggota DPD, berdasarkan dorongan orang banyak yang menilai ia masih dibutuhkan oleh negara. Sedangkan secara pribadi ia sudah menyatakan untuk mundur dari arena politik dan berencana akan merampungkan bukunya yang ke empat dengan judul “Politik Luar Negeri Indonesia”, sehingga dengan dorongan tersebut dirinya mencalonkan sebagai calon anggota DPD dari daerah pemilihan DKI Jakarta.

“Jeleknya saya, kalau mendapat pekerjaan, maka siang dan malam ia akan mengerjakannya,” tandas Sabam Sirait.


< HALAMAN MUKA >

Copyright @ 2014,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved