http://www.lacakindonesia.com

Tiara Framilia

Rambut adalah mahkota anda, karena itu rawatlah rambut anda dengan sebaik-baiknya, agar sehat dan menarik...

TIP PERAWATAN RAMBUT

 

RAMBUT KERING

Ciri-ciri

         Terlihat kusam.

         Kesat saat disisir.

         Berwarna kemerahan tetapi bukan akibat pewarnaan. Ujung rambut bercabang dan pecah-pecah (split end).

Masalah yang timbul

         Kulit kepala dapat menjadi bersisik karena sel-sel dipermukaan kulit bermasalah.

         Ketombe mudah untuk timbul.

         Rambut menjadi tidak sehat sehingga batang rambut dapat dengan mudah rapuh.

Cara mengatasinya

         Hindari dulu sinar matahari secara langsung, hindari zat klorin dan air laut.

         Gunakan sampo yang sesuai dengan rambut kita. Pilih yang mengandung   pelembab dan ceramide (vitamin rambut) yang berfungsi membersihkan gizi sekaligus melindungi rambut dari pengaruh buruk lingkungan. Sehingga intensitas warna rambut tetap terjaga.

         Jangan terlalu sering mengganti sampo. Keramaslah rutin dua kali sehari.

         Setelah itu, pakai kondisioner. Lebih bagus lagi kalau menggunakan kondisioner yang terpisah. Pilih yang diperkaya vitamina A atau B. Pijat-pijat kulit kepala agar zat kondisioner meresap kedalam pori-pori kepala kurang lebih 5-10 menit.

         Pelembab juga diperlukan, lho. Karena sekarang sudah banyak beredar di pasaran, kita bisa dengan mudahnya mendapatkan pelembab tersebut. Cukup tuangkan ketelapak tangan dan usapkan ke tiap helai rambut secara perlahan mulai dari ujung kepala sampai ujung rambut. Bisa digunakan setelah keramas ataupun pada saat-saat rambut kita terasa kering. Cuma butuh waktu kurang lebih dua menit.

         Kalau ujung rambut pecah-pecah dan bercabang, coba gunting ujung-ujung rambut setiap enam minggu sekali secara rutin.

         Hindari dulu pemakaian zat kimia pada rambut seperti zat pengeriting ataupun pewarna pada rambut. Untuk yang sering menggunakan hairdryer, simpan dulu dilemari ya! Karena batang rambut yang terkena panas terlalu tinggi akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Biarkan saja rambut kering alami setelah basah karena keramas.

         Makanan juga faktor penting. Konsumsi lebih banyak ikan, ayam-ayaman dan makanan yang mengandung protein tinggi untuk menjaga kesehatan rambut supaya tidak rusak dan kering  

 

RAMBUT BERMINYAK

Ciri-ciri

         Lepek dan tidak mengembang yang diakibatkan oleh aktivitas hormon yang terlalu tinggi.

         Tampak kempis dan flat. Dapat diakibatkan juga dari faktor keturunan.

         Terasa lengket meskipun sudah keramas.

Masalah yang timbul

         Rambut jadi bau.

         Dapat terjadi stimulasi kelenjar sebum (kelenjar minyak).

         Karena merasa rambut kita berminyak, terkadang kita buru-buru menggunakan sampo yang sifatnya mengeringkan. Padahal, tidak semua sampo khusus rambut berminyak cocok pada rambut kita. Ada yang zatnya justru dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Cara mengatasinya

         Jangan malas mencuci rambut! Keramaslah dua kali sehari dengan sampo yang ringan atau yang berformula lembut (mild). Tapi jangan terlalu sering juga mencuci rambut. Misalnya setiap hari sepulang berpergian. Kelenjar minyak lama kelamaan akan menipis, tuh.

         Penggunaan kodisioner sangat diperlukan. Boleh kok menggunakan kondisioner yang menjadi satu dengan sampo, asal kaya akan kandungan protein. Ini sangat baik untuk pertumbuhan rambut karena dapat menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala, serta menguatkan rambut tanpa menghilangkan minyak alami yang diproduksi kulit kepala. Gunakan kondisioner sambil memijatkan kepala selama kurang lebih tiga menit.

         Gunakan produk perawatan yang mempunyai kandungan pelembap atau minyak sedikit. Ini efektif untuk menghindari rambut kita yang menjadi flat (kempis).

         Hindari dulu memegang rambut secara berlebihan karena seperti dijelaskan diatas, dapat menstimulasi kelenjar sebum/ minyak. Juga jangan menggunakan sikat rambut. Lebih baik menggunakan sisir saja.

 

RAMBUT NORMAL

Ciri-ciri

         Tidak mudah rapuh dan kuat.

         Mudah diatur.

         Tidak kempis.

Masalah yang timbul

         Jika tidak dirawat dengan benar, rambut normal juga bisa menjadi berketombe, rontok dan terlihat kusam.

Cara mengatasinya

         Untuk mencuci rambut, biasakan mencuci rambut di bawah kucuran air yang tidak terlalu keras dengan suhu yang sesuai. Air yang terlalu panas dapat membakar kulit kepala dan merusak rambut.

         Boleh saja untuk membilas rambut dengan air hangat tetapi tetap gunakan air dingin pada bilasan terakhirnya. Sebaliknya bilaslah selalu dengan air dingin agar rambut tampak lebih tebal dan berkilau.

         Sebaiknya basahkan terlebih dahulu sebelum diberi sampo. Kemudian gosok kulit kepala dengan lembut dan rata. Setelah bersampo, bilaslah sampai bersih. Jika tidak, serpihan sampo yang tertinggal dapat mengotori kulit kepala yang lama kelamaan bisa berkerak menjadi ketombe.

         Untuk mencegah kusutnya rambut, rambut normal juga membutuhkan kondisioner. Bilaslah rambut setelah kondisionerdengan menggunakan handuk. Hati-hati, rambut basah biasanya lebih sensitive. Jangan menggosokan handuk terlalu keras. Cukup bungkus kepala dengan handuk selama 1-2 menit supaya air terserap ke handuk.   

halaman muka

 

Redaksi: Komplek Pondok Hijau Blok D6 No.9 Ciputat. 15411, Jakarta Selatan. E-mail: redaksi@lacakindonesia.com.

Copyright @ 2008,  LACAKINDONESIA.COM, All rights reserved